Foto: androidcentral

Teknologi.id – Di YouTube ada berbagai macam jenis konten video, mulai dari yang menghibur, bermanfaat karena menambah wawasan, hingga berpotensi memicu permasalahan seseorang.

Saat video yang ditayangkan oleh youtuber dianggap kurang sesuai, sering kali penonton melayangkan komentar negatif di kolom itu. Tak jarang pula kolom komentar menjadi wadah ujaran kebencian dan caci maki sesama penonton yang berkomentar.

Karena hal itu, banyak pengguna menghindari bagian komentar dan kini YouTube sedang menguji fitur yang membuat penghindaran menjadi lebih mudah.

YouTube dilaporkan sedang menguji coba menyembunyikan kolom komentar video secara default, sehingga memungkinkan penonton tidak lagi melihat komentar tak menyenangkan dengan mudah.

Baca juga: Fitur AR YouTube Mungkinkan Pengguna Coba Make Up Virtual

Fitur ini nantinya bakal dihadirkan lebih dulu di perangkat mobile, sebab sebagian besar penggunanya menikmati konten video melalui smartphone.

Baca Juga  0857 4030 7177 Toko Buah Merah Papua Mujarab Di Kudus

Komentar-komentar akan tetap ada dan bisa dibaca. Namun, untuk melihatnya pengguna harus menekan satu tombol berlabel “Comments” terlebih dahulu.

Keberadaan tombol “Comments” ini diketahui dari tangkapan layar (screenshot) yang beredar di ranah maya. Letaknya di antara tombol “Dislike” dan tombol “Share”, menggeser tombol “Save To”.

Hasil gambar untuk screenshot
Foto: TechSpot

Komentar di video YouTube selama ini bisa langsung dilihat dengan menggulirkan layar hingga melewati daftar video rekomendasi.

Selain tombol khusus yang persis di bawah video, alternatif lain yang tengah dicoba untuk meyembunyikan komentar adalah tab “Looking for comments? yang muncul setelah daftar video rekomendasi di urutan paling bawah.

Baca juga: CEO YouTube Susan Wojcicki Minta Maaf pada Komunitas LGBTQ

Dilansir dari laman The Verge, Jumat (21/6/2019), fitur menyembunyikan komentar tengah diuji coba di YouTube kawasan India. Pihak YouTube juga sudah mengkonfirmasi mengenai kebenaran kabar uji coba ini melalui sebuah pernyataan.

Baca Juga  Gandeng HappyFresh, Grab Boyong Layanan Pesan Antar Barang Belanja

“Ini (menyembunyikan komentar) adalah salah satu dari serangkaian uji coba yang selalu kami lakukan di YouTube. Kami akan pertimbangkan untuk menggulirkan secara lebih meluas berdasarkan feedback yang didapat,” ujar YouTube.

Dengan demikian, ada kemungkinan YouTube nantinya akan menyembunyikan komentar secara default dari mata penonton. Namun, belum ada kepastian soal hal ini. Mari kita tunggu saja.

(dwk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.