Tekno Review: WD My Passport SSD (256 GB) Si Mungil Berkecepatan Tinggi

Teknologi.id – Meningkatnya kebutuhan akan perangkat penyimpanan data eksternal, membuat Western Digital terjun dalam persaingan dan meluncurkan jajaran SSD-nya yang kini sudah hadir di pasaran, yakni WD My Passport SSD.

Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini mengklaim My Passport SSD adalah perangkat penyimpanan portabel bermerk WD tercepat yang pernah ada.

Tidak heran karena melihat kecepatan transfer data yang dimiliki My Passport SSD dapat mencapai 515 megabyte per detik (MB/s). Untuk konektivitasnya, produk ini mengandalkan port USB 3.1 Gen2 jenis USB Type-C, mengingat sebagian besar produk di Indonesia masih sangat mengandalkan port USB Type-A maka di dalam paket penjualannya WD My Passport SSD sudah tersedia USB Type-A adapter.

Baca Juga  Cara Supaya Blog Banyak Pengunjung

Ukurannya tergolong sangat mini dan ringan untuk sebuah SSD 256GB. Dimensi dari WD My Passport SSD memiliki ukuran 9 x 4,5cm dengan ketebalan 1 cm dan lebih ringan dari smartphone tipis yang ada di pasaran. Hal ini memudahkannya untuk membawanya kemana saja tanpa memakan banyak tempat.

Desainnya nampak simpel namun elegan dengan dua warna yang berbeda di bagian atas dan bawahnya. My Passport SSD pun diklaim tahan terhadap goncangan ketika dijatuhkan dari ketinggian hampir dua meter.

Dukungan software

Menengok lebih ke dalam, di perangkat ini terpasang installer aplikasi WD Discovery yang di dalamnya tersedia dua fitur aplikasi pendukung WD Backup dan WD Security. WD Backup menyediakan layanan backup dengan mengandalkan cloud di layanan Dropbox yang bisa diatur secara berkala untuk fitur backup otomatis.

Baca Juga  Ternyata Kepribadian Bisa Dideteksi dari Gerakan Mata Oleh AI

Kemudian aplikasi WD Security digunakan untuk menyediakan enkripsi serta kunci akses untuk menggunakan perangkat ini sehingga tidak sembarang orang bisa mengakses data di dalamnya saat digunakan. Meksipun begitu perlu diketahui bahwa WD tidak menyediakan fitur restore password atau lupa password.

WD My Passport SSD Portable saat ini sudah tersedia di pasaran. Tersedia tiga pilihan kapasitas mulai dari 256GB, 512GB dan 1 TB.

Untuk yang berkapasitas 256GB ini, dibanderol dengan harga berkisar mulai dari Rp. 1,5 jutaan. Mungkin harga tersebut dianggap cukup tinggi jika dibandingkan dengan media penyimpanan lain seperti HDD eksternal dengan kapasitas yang tidak jauh berbeda. Mengingat ini adalah sebuah SSD yang tahan banting dan dirancang secara plug and play, serta tersedia fitur keamanan, harga tersebut tergolong cukup wajar.

Baca Juga  Benarkah, Salah Satu Pendiri Google Larry Page Dikabarkan Menghilang?

Kelebihan

  • Kecepatan transfer data bagus
  • Desain elegan dan mungil
  • Dukungan software lengkap

Kekurangan

  • Varian tertinggi hanya 1 TB
  • Overpriced
  • Body mudah meninggalkan bekas

(DWK)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *