Game engines adalah alat yang digunakan oleh perancang game untuk membuat kode dan merencanakan permainan dengan cepat dan mudah tanpa membangunnya dari bawah ke atas. Kemajuan teknologi yang pesat, serta inovasi dari waktu ke waktu, memudahkan para pengembang untuk membuat game yang indah dan kompleks.

Di bawah ini adalah daftar dari 5 open source game engines teratas. Mesin dan peralatan game ini benar-benar gratis dan tersedia di bawah lisensi publik.

Panda3D

Panda3D merupakan framework open source untuk rendering dan pengembangan game 3D. Dengan Panda3D, kamu akan menggunakan program C ++ dan Python untuk berkreasi. Fitur-fiturnya termasuk instalasi yang bebas repot dan mendukung Windows, OS X dan Linux, integrasi Python penuh dan sangat dioptimalkan melalui C ++, berbagai fitur OpenGL dan DirectX seperti GLSL, termasuk generasi shadier, pipa 3D dan dukungan untuk Penal Audio Engine, FMOD Audio Engine dan Miles Audio Engine.

PhyreEngine

PhyreEngine adalah mesin game gratis yang dirilis pada Januari 2012 oleh Sony Interactive Entertainment. Ini kompatibel dengan lebih dari sekedar platform PlayStation (PlayStation 4, PlayStation 3, PlayStation VR, PlayStation Vita, PlayStation Portable) tetapi juga dengan Microsoft Windows (untuk OpenGL dan DirectX 11), Nintendo Switch, Google Android dan Apple iOS sehingga membuatnya sukses dan diadopsi oleh beberapa studio game dan sekarang telah digunakan di lebih dari 200 judul yang diterbitkan.

COCOS2D

COCOS2D adalah mesin permainan open source yang dikelola oleh para pengembang di Chukong Technologies. Ini adalah platform pengembangan yang berlisensi di bawah Lisensi MIT. COCOS2D memungkinkan pengembang untuk membuat game, aplikasi, dan berbagai program interaktif. COCOS2D menggunakan C ++, Lau, dan JavaScript untuk penyebaran lintas platform seperti iOS, Android, Windows Phone, OS X, Windows dan perangkat Linux.

0 A.D

0 A.D. adalah permainan strategi real-time lintas-platform gratis dan open-source yang dirilis pada 26 Juli 2017, di bawah Wildfire Games. 0 A.D ditulis dalam C ++, JavaScript dan XML sehingga membuatnya menjadi cross-platform yang dapat dimainkan menggunakan Windows, OS X, Linux, dan OpenBSD. Game ini menggunakan lisensi GPLv2 + untuk mesin permainan dan CC BY-SA untuk game art.

Id TECH 4

Id TECH 4 adalah mesin permainan yang dikembangkan oleh id Software dan pertama kali digunakan dalam video game bernama Doom 3. Ini dirancang oleh John Carmack yang juga menciptakan mesin permainan sebelumnya seperti untuk Doom dan Quake. Fitur Id Tech 4 termasuk beberapa grafik baru seperti pemetaan normal dan penyorotan specular dan teknik rendering yang digunakan adalah pencahayaan terpadu dan bayangan, volume bayangan dan Tekstur Mega. nks

Sumber: Technotification.

Baca Juga  Tips Desain untuk User yang Mengalami Buta Warna

Baca juga: Membuat Game dengan Vuejs: Hujan Duren The Game.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.