Pesatnya perkembangan teknologi telah mempengaruhi kebiasaan belanja masyarakat Indonesia yang sebelumnya dilakukan secara manual kini dapat dilakukan secara online melalui e-commerce. Bagi suatu e-commerce, kunjungan atau traffic merupakan kunci paling penting. Oleh arena itu banyak e-commerce yang seringkali melakukan promosi untuk meningkatkan trafik serta penjualan, sebagai contoh Tokopedia dengan promo Flash Sale serba Rp 25 ribu.

Dalam bagan di atas diperlihatkan peringkat 10 e-commerce Indonesia dengan pengunjung terbanyak di sepanjang triwulan I 2018 Berdasarkan data dari iPrice. Di peringkat pertama ada Lazada dengan pengunjung terbanyak yaitu sebanyak 117,57 juta pengunjung, dengan 22,77 juta pengunjungnya berasal dari media sosial Facebook. Kontribusi yang berasal dari Facebook pada Lazada merupakan yang terbesar dibanding kontribusi Facebook pada e-commerce lain seperti Tokopedia (17,4 juta) dan Shopee (9,02).

Baca Juga  Instagram Followers indonesia

Masih berdasarkan data iPrice, kontribusi pengunjung e-commerce dari Instagram terbesar dicatat oleh Shopee sebanyak 713 ribu kunjungan, Hijup 688 ribu dan Lazada 556 ribu kunjungan. Sedangkan e-commerce dengan kontribusi pengunjung yang berasal dari Twitter terbesar adalah Blibli sebanyak 470 ribu, Lazada 345 ribu dan Tokopedia 161 ribu kunjungan. (nks)

Artikel ini telah tayang di Katadata.co.id. Baca artikel sumber.

Baca juga: Proyeksi Pembeli dan Penetrasi Pembeli Digital Indonesia (2016-2022E).



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *