Foto: Tech Radar

Teknologi.id – Facebook yang menjadi induk perusahaan dari WhatsApp dan Instagram, telah mengkonfirmasi melalui juru bicara resminya jika pihaknya akan mengganti nama kedua platform media sosial tersebut.

Perubahan nama ditujukan untuk memperjelas kepemilikan Facebook atas kedua platform tersebut.

“Kami ingin memperjelas produk dan layanan yang merupakan bagian dari Facebook,” kata juru bicara Facebook, seperti dilansir dari laman Tech RadarMinggu (4/8/2019).

Baca juga: Tanpa Screenshot, Begini Cara Simpan Status WhatsApp Seseorang

Adapun, WhatsApp akan berganti nama menjadi “WhatsApp from Facebook”. Sementara Instagram akan berganti nama sebagai “Instagram from Facebook”.

Nantinya, nama baru yang disandang WhatsApp maupun Instagram tidak akan terlihat pada halaman utama layar ponsel.  Namun, akan tampil pada toko aplikasi masing-masing platform (Android/iOS).

Baca Juga  Cara Root Android Menggunakan KingRoot, dengan PC dan Tanpa PC

Perubahan nama keduanya pertama kali terendus oleh seorang jurnalis yang berasal dari media ternama, The Information.

Dianggap melakukan praktik monopoli

Beberapa waktu lalu, Facebook diminta untuk mengurangi dominasinya dengan memisahkan Instagram dan WhatsApp, karena dianggap melakukan praktik monopoli. Hal tersebut diutarakan oleh salah satu pendiri Facebook, yaitu Chris Hughes.

Menurut Chris, Komisi Perdagangan AS (FTC) juga harus menegakkan hukum anti-trust dengan membatalkan akuisisi Facebook atas Instagram dan WhatsApp.

Baca juga: Begini Cara Lihat Status WhatsApp Orang Lain Tanpa Ketahuan

Instagram dan WhatsApp yang bernaung di bawah Facebook saat ini sama-sama telah meraksasa, sehingga makin mengukuhkan dominasi induknya di ranah sosial.

Publik pun jadi tak punya pilihan lain kecuali menggunakan produk Facebook. Sebab, tak ada aplikasi alternatif yang berarti selain milik mereka.

Baca Juga  Hindari Akses WhatsApp Melalui VPN Gratis

Ini membuat Facebook menjadi terlalu kuat untuk disaingi dan efeknya buruk untuk kompetisi.

(dwk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.