Foto: Telko.id

Teknologi.id – YouTube kembali mengadakan acara Pop-Up Space di Indonesia. Acara ini akan diadakan selama 5 hari dimulai dari 29 April sampai 3 mei di Mall Kota Kasablanka lantai 4, Jakarta.

Dalam pembukaan Pop-Up Space di Jakarta, Selasa (30/4/2019), Head of APAC, YouTube Social Media Marketing Analytics Moe Inaki, mengatakan ingin membuat ruang secara fisik untuk memfasilitasi kreativitas kreator dengan Pop-up Space.

Berbeda dengan tahun lalu, Pop-up Space tahun ini akan berlangsung lebih lama dari sebelumnya. Director of YouTube Global Creator & Artist Chris Schremp, mengatakan untuk tahun ini lebih lama karena digabung dengan (YouTube) Next Up Camp dan Music Session.

Baca Juga: Akun Youtube Presiden Jokowi Capai Lebih dari 1 Juta Subscribers

YouTube Next Up Camp merupakan sebuah kompetisi yang diadakan khusus untuk para kreator pemula dari seluruh Indonesia. Ada sebanyak 12 kreator dari ratusan pendaftar yang ikut serta sejak pembukaan pendaftaran bulan Januari lalu.

Sedangkan YouTube Music Session dikhususkan bagi para kreator kategori konten musik untuk melakukan produksi yang sepenuhnya ditanggung oleh YouTube.

Tetapi untuk jumlah studio yang tersedia tahun ini agak berkurang, yakni hanya dua buah dibandingkan tiga buah tahun lalu.

Baca Juga  Emma Sri Martini Diangkat Jadi Direktur Utama Baru Telkomsel

Studio itu ditujukan untuk kreator musik dan non-musik, termasuk kreator yang ingin membuat konten edisi khusus Ramadhan. Moe mengatakan alasan dasarnya lebih karena keterbatasan tempat dibanding tahun lalu.

Pelatihan monetisasi hingga kesehatan jiwa

Selain tempat, YouTube juga memfasilitasi perlengkapan produksi profesional dan menyediakan beragam workshop, serta sesi diskusi dengan beberapa pakar.

Ada tiga kelas yang dibuka dan bisa diikuti oleh para kreator berdasarkan jumlah subscriber kanal masing-masing.

Pertama, ada kelas pelatihan monetisasi untuk YouTuber yang memiliki lebih dari 100.000 subscriber (silver) dan para pemenang Next Up.

Kedua, bagi kreator pemegang level gold atau yang memiliki subscriber 10.000 – 1 juta, bisa mengikuti pelatihan untuk memakismalkan kanalnya.

Baca juga: Cara Lain Seorang Youtuber Mendapatkan Uang dari YouTube

Tak hanya itu, nantinya mereka juga akan mendapatkan materi cara bekerja sama dengan brand ternama lewat konten-konten kreatif.

Ketiga, pelatihan khusus untuk YouTuber dengan jumlah subscriber lebih dari 1 juta yang fokus pada kesejahteraan jiwa individual dari para kreator.

Mereka nantinya akan mendapatkan fasilitas berupa sesi diskusi dengan rekan-rekan sesama YouTuber dan konsultasi dengan pakar.

“Memproduksi konten yang bagus pasti pekerjaan yang melelahkan. Itu tugas kami, bukan hanya sebagai penyedia platform tapi juga memfasilitasi kesejahteraan jiwa mereka, membantu mereka kapan harus istirahat dan memulihkan tenaga kembali,” jelas Chris.

(FM)

Baca Juga  Inilah 5 Jenis Rekayasa Teknologi Sains Paling Keren di 2018



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.