Foto: Tableau

Teknologi.id – Salesforce, perusahaan cloud yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini mengakuisisi Tableau dalam kesepakatan seluruh saham senilai $ 15,7 miliar.

Mengutip dari Tech Crunch, Rabu (12/6/2019), Tableau adalah pemimpin dalam platform analitik swalayan yang memungkinkan orang dari berbagai tingkat keterampilan bekerja dengan data. Tableau memiliki sekitar 86.000 pelanggan bisnis, termasuk Charles Schwab, Verizon (yang memiliki TC), Schneider Electric, Southwest dan Netflix.

Salesforce mengatakan Tableau akan beroperasi secara independen di bawah merek pasca-akuisisi sendiri dan akan tetap berkantor pusat di Seattle, Washington.

Baca juga: Aplikasi iPhone Diam-diam Kumpulkan Data Saat Pengguna Tidur

“Bergabung dengan Salesforce akan meningkatkan kemampuan kami untuk membantu orang di mana saja melihat dan memahami data,” kata CEO Tableau Adam Selipsky.

Baca Juga  Tingkat Kepercayaan pada Perusahaan Internet dalam Perlindungan Data Pribadi

“Sebagai bagian dari perusahaan CRM nomor 1 di dunia, analisis Tableau yang intuitif dan kuat akan memungkinkan jutaan orang untuk menemukan wawasan yang dapat ditindaklanjuti di seluruh organisasi mereka. Saya senang bahwa perusahaan kami berbagi budaya yang sangat mirip dan fokus tanpa henti pada kesuksesan pelanggan. Saya berharap dapat bekerja sama untuk mendukung pelanggan dan komunitas kami.” imbuh CEO Tableau Adam Selipsky.

Pengumuman itu muncul beberapa hari setelah Google mengatakan akan membeli firma analisis data Looker. Pembelian ini senilai $ 2,6 miliar untuk memperluas bisnis Google Cloud-nya.

Baca juga: WhatsApp Bakal Kedatangan Iklan Tahun Depan, Begini Tampilannya

“Tableau membantu orang melihat dan memahami data, dan Salesforce membantu orang melibatkan dan memahami pelanggan. Ini benar-benar yang terbaik dari kedua dunia bagi pelanggan kami — menyatukan dua platform penting yang setiap pelanggan perlu memahami dunia mereka,” kata chairman Salesforce dan co-CEO Marc Benioff.

Baca Juga  Estimasi Pendapatan Ukuran Pasar Big Data di Seluruh Dunia

“Kesuksesan luar biasa Salesforce selalu didasarkan pada mengantisipasi kebutuhan pelanggan kami dan memberikan mereka solusi yang mereka butuhkan untuk menumbuhkan bisnis mereka,” kata Keith Block, co-CEO, Salesforce. 

“Data adalah dasar dari setiap transformasi digital, dan penambahan Tableau akan mempercepat kemampuan kami untuk memberikan kesuksesan pelanggan dengan memungkinkan tampilan yang benar-benar bersatu dan kuat di semua data pelanggan.” ujar Keith.

Baca juga: 7,5 Miliar Data Pribadi Bocor di Pasar Global, Belasan Juta Teridentifikasi dari Indonesia

Akuisisi ini diperkirakan akan menambah sekitar $ 350 juta hingga $ 400 juta untuk pendapatan fiskal 2020 dari Salesforce.com Inc.

Setiap saham biasa Tableau akan ditukar dengan 1.103 saham Salesforce yang berbasis di San Francisco. Kesepakatan itu, yang telah disetujui oleh dewan kedua perusahaan, diperkirakan akan ditutup selama kuartal ketiga fiskal Salesforce.

Baca Juga  Inilah Top 5 Blog Teknologi Untukmu Agar Tetap Update

Ini akuisisi terbesar oleh Salesforce sejak membeli MuleSoft sebesar $ 6,5 miliar pada Maret 2018. Saham Tableau Software Inc. dilaporkan melonjak 34,1% pada perdagangan pagi hari Senin. Salesforce turun 4,5%.

(dwk)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.