Mungkin tidak asing lagi dengan game bertemakan battle royal, berikut ini merupakan perjalanan singkatnya.

Bomberman merupakan sebuah game bergenre strategi yang dikembangkan oleh Hudson Soft.  Game pertama kali dirilis pada tahun 1983 dan sekarang dimiliki oleh Konami. Bomberman adalah game pertama yang memperkenalkan mode multiplayer “last man standing” yaitu mode dimana beberapa pemain menghancurkan pemain lain dan yang berhasil mengalahkan semua pemain adalah pemenangnya – komponen ini yang merupakan kunci dari gameplay royale battle.

  • Unreal Tournament 1998-2007

Unreal Engine pertama kali dikembang pada tahun. Unreal Tournament didirikan oleh pengembang Fortnite yaitu Epic Games. Unreal Engine dibekali oleh kemampuan yang cukup lengkap pada masanya. Tapi ketika pertama kali dirilis, kemampuan engine ini masih belum stabil hingga akhirnya diluncurkanlah Unreal Engine Tournament di tahun 2000. Game bertemakan First-Person-Shooter (FPS) ini dijadikan contoh penting dari mode “last man standing” game.

  • Battle Royale Book 1999, film 2000

Battle Royale (バトル・ロワイアル Batoru Rowaiaru) merupakan sebuah novel karya penulis Jepang Koushun Takami. Novel ini diterbitkan pada 1999 yang mengisahkan pelajar sekolah menengah yang dipaksa untuk saling bertarung sampai mati dalam program yang dijalankan oleh pemerintah otoriter Jepang.

Pada tahun 2000, Battle Royale diadaptasi menjadi serial manga yang ditulis sendiri oleh Takami dan saat itu meraih kesuksesan luar biasa.

  • The Hunger Games 2008-2010

Trilogi The Hunger Games merupakan sebuah seri novel fiksi ilmiah-petualangan karya penulis  Suzanne Collins. Konsep game battle royale ini mengikuti The Hunger Games di mana sekelompok pemain diturunkan di dalam lingkaran, lalu mereka diharuskan saling berebut tas, makanan, dan senjata yang diletakkan di tengah lingkaran. Pemain berjuang sampai mati dan di siarkan langsung di televisi.  Versi film yang sukses diikuti, dibintangi oleh Jennifer Lawrence. 

Diadopsi oleh serial novel “The Hunger Games”, para modder bekerja dengan sangat baik, terutama dengan Minecraft Survival Games, di mana para pemain memperebutkan sumber daya yang langka seperti makanan, senjata atau ramuan.

DayZ adalah mod dari game Expansion Pack simulasi militer Arma II : Operation Arrowhead, yang mengisahkan tentang perjuangan para survivors dalam profinsi Chernarus, Russia, dari ancaman para zombie. Para pemain yang menjadi survivor, harus bertahan dari kepungan para zombie yang tersebar di Provinsi Chernarus. Pemain bisa memilih menjadi Bandit atau menjadi anggota team seperti biasanya .Sebagai survivor pemain harus bertahan hidup, mulai dari mengumpulkan bahan makanan, senjata, obat-obatan, dan kendaraan. 

H1Z1 merupakan game bergenre battle royale yang dirilis di PS4 dan PC. Game yang dikembangkan oleh Daybreak Game Company ini dapat hadir di platfrom IOS dan Android berkat kerjasama dengan Nantworks. Layaknya game battle royale yang lain, secara gameplay H1Z1 sendiri akan menggunakan mode “last man standing”, dimana pemenang adalah orang terakhir yang berhasil bertahan dalam permainan.

Baca juga : Sejarah Artificial Intelligence dari Masa ke Masa

  • Player Unknown’s Battlegrounds 2017 (PUBG)

PUBG adalah permainan dengan genre battle royale. Permainan ini bisa dimainkan dengan 100 orang sekaligus secara daring. 100 orang tersebut akan berusaha bertahan hidup dengan saling membunuh di suatu pulau. Game yang dirancang oleh pria asal Irlandia, Brendan Greene ini menjadi game terfavorit kedua setelah Garena Free Fire di google play store dan apple store dengan lebih dari 120 juta pemain.

PUBG ini sendiri dipercayai bahwa konsepnya terinspirasi dari novel Jepang berjudul Battle Royale yang dirilis pada tahun 1999. Novel ini juga sempat dijadikan manga dan film yang rilis di tahun 2000 dan meraih kesuksesan luar biasa. Novel ini bercerita tentang 40 siswa yang dikirim ke sebuah pulau selama tiga hari untuk saling bunuh dengan tujuan bertahan hidup. 

Game massive multiplayer online (MMO) yang dirilis oleh Epic Games ini telah menghubungkan jutaan pemain dan itu gratis untuk dimainkan oleh pengguna di PC, Xbox One, PlayStation 4 dan perangkat mobile. Fortnite Battle Royale melibatkan 100 pemain satu sama lain di dunia maya. Pemain dijatuhkan ke area acak di dunia maya di mana mereka bebas mengais-ngais senjata untuk membela diri.

EA telah memadukan battle royale dengan sistem kelas karakter seperti yang digunakan di Overwatch.  Apex Legends adalah permainan battle royale free-to-play yang dikembangkan oleh Respawn Entertainment dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Permainan ini berada di alam semesta yang sama dengan Titanfall. Permainan ini dirilis untuk Microsoft Windows, PlayStation 4, dan Xbox One pada 4 Februari 2019. Satu minggu setelah dirilis, permainan ini telah diunduh lebih dari 25 juta kali dan lebih dari 2 juta pemain daring secara bersamaan.

(NA)

Baca Juga  #KonserPutihBerSATU dan #UAHPilihPrabowo Jadi Trending Topic Twitter



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.