Michigan State University telah menemukan konsep aplikasi pengukur tekanan darah yang akurat, hanya menggunakan iPhone.

Penemuan ini ditampilkan dalam edisi terkini Science Reports, dipimpin oleh Ramakrishna Mukkamala, profesor teknik elektro dan komputer MSU.

“Dengan memanfaatkan sensor optik dan kemampuan smartphone untuk mengambil ‘selfie’, serta fitur ‘peek and pop’, kami telah menemukan alat praktis untuk mengawasi tekanan darah,” katanya. “Pemantauan tekanan darah dapat meningkatkan kesadaran hipertensi, dengan demikian membantu mengurangi kejadian penyakit kardiovaskular dan mortalitas.”

Dalam sebuah publikasi di Science Translational Medicine awal tahun ini, tim Mukkamala telah mengusulkan konsep dengan penemuan aplikasi tekanan darah dan perangkat keras. Dengan kombinasi smartphone dan sensor optik dan kekuatan tambahan, tim menghasilkan perangkat yang menyaingi pengukur tekanan darah konvensional.

Baca Juga  SwipeRx Bantu Ahli Farmasi dan Apoteker se-Asia Tenggara Untuk Optimalkan Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Dengan kemajuan smartphone, sensor optik dan kekuatan tambahan tidak lagi diperlukan. Fitur ‘peek and pop’, tersedia bagi pengguna yang ingin membuka fungsi dan aplikasi dengan dorongan sederhana dari jari mereka, sekarang menjadi standar di banyak ponsel iPhone dan disertakan dalam beberapa model Android.

“Jika hal-hal terus bergerak dengan kecepatan saat ini, aplikasi bisa tersedia pada akhir 2019,” Mukkamala menambahkan.

“Seperti perangkat asli kami, aplikasi tersebut masih perlu divalidasi dalam tes standar,” katanya. “Tetapi karena tidak ada perangkat keras tambahan yang diperlukan, kami percaya bahwa aplikasi dapat menjangkau masyarakat lebih cepat.”

“Secara internasional, aplikasi ini bisa menjadi sebuah game-changer. Tekanan darah tinggi dapat diobati dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan. Namun, hanya sekitar 20 persen orang dengan hipertensi yang kondisinya terkendali. Penemuan ini memberi pasien pilihan yang efektif dan menyimpan catatan pengukuran harian akan menghasilkan rata-rata yang akurat,” kata Mukkamala menambahkan.

Baca Juga  Oppo Luncurkan Teknologi Dongkrak Kinerja Ponsel

Penelitian ini didanai sebagian oleh National Institutes of Health.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.