Kredit: Universitas Northwestern

Teknologi.id – Para peneliti di Northwestern University dan Washington University School of Medicine di St. Louis telah mengembangkan contoh pertama dari obat elektronik yang dapat diserap tubuh. Perangkat nirkabel yang mudah terurai ini mempercepat regenerasi saraf dan memperbaiki penyembuhan saraf yang rusak.

Para peneliti di Northwestern dan ahli bedah saraf di Washington University mengembangkan perangkat yang memberikan sinyal listrik secara teratur ke saraf perifer yang rusak pada tikus setelah proses perbaikan bedah, mempercepat pertumbuhan kembali saraf di kaki mereka. Perangkat nirkabel beroperasi selama sekitar dua minggu sebelum secara alami menyerap ke dalam tubuh.

Para ilmuwan membayangkan bahwa teknologi ini suatu hari dapat melengkapi atau mengganti perawatan farmasi untuk berbagai kondisi medis pada manusia. Jenis teknologi ini, yang dirujuk oleh para peneliti sebagai “obat elektronik yang dapat diserap”, menyediakan terapi dan pengobatan selama periode waktu yang relevan secara klinis dan langsung di tempat yang diperlukan, sehingga mengurangi efek samping atau risiko konvensional.

Kredit: Universitas Northwestern

“Sistem ini menyediakan fungsi aktif dan terapeutik yang dapat diprogram dan kemudian secara alami menghilang ke dalam tubuh, tanpa jejak,” kata John A. Rogers dari Northwestern, penulis utama studi.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine.

Sementara perangkat belum diuji pada manusia, temuan ini menawarkan janji sebagai pilihan terapi masa depan untuk pasien cedera saraf.

Selama delapan tahun terakhir, Rogers dan laboratoriumnya merancang dan mengembangkan perangkat tipis dan fleksibel membungkus saraf yang terluka dan memberikan pulsa elektrik selama berhari-hari sebelum perangkat itu terserap di dalam tubuh. Perangkat ini didukung dan dikontrol secara nirkabel oleh pemancar di luar tubuh. Rogers dan timnya bekerja dengan tim Universitas Washington.

“Kami merekayasa perangkat agar dapat menghilang,” kata Rogers.

(DWK)

Baca Juga  Jalur Sepeda di Belanda ini Terbuat Dari Plastik Daur Ulang



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *