Teknologi Augmented reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan benda maya yang dibentuk oleh komputer ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyataTidak seperti virtual reality (VR) yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, AR hanya sekadar menambahkan atau melengkapi dunia nyata dengan elemen-elemen maya.

Salah satu penerapan dari teknologi augmented-reality ini bisa dilihat pada permainan Pokemon Go yang mana pemain bisa melihat animasi pokemon (elemen maya) yang ditambahkan ke dalam lingkungan nyata di sekitar kita melalui kamera smartphone milik pemain.

Saat ini teknologi AR sedang marak di kembangkan di berbagai belahan dunia. Perusahaan-perusahaan besar seperti Facebook, Amazon, Microsoft, Alphabet, Samsung dan masih banyak lagi, tengah gencar mengembangkan pemanfaatan teknologi ini karena mereka yakin teknologi AR sangatlah berpotensi untuk memajukan perusahaan mereka di masa depan. Lantas, bidang apa saja yang berpotensi menjadi lebih maju dengan penerapan teknologi augmented reality di masa depan?

Berikut ulasannya!

Baca Juga  Inilah 4 Inovasi Teknologi di Bidang Pertanian dan Peternakan

Arsitektur

Objek yang dihasilkan komputer ditumpangkan ke dalam sebuah model struktur digital real-time, dan ditampilkan sesuai elemen desain interior yang sebenarnya.

Kedokteran

Dokter dan Ahli Bedah dapat membangun scan otak 3D sebelum memulai operasi.

Automobile

Volkswagen menggunakan augmented reality untuk memvisualisasikan dan membangun body mobil, struktur dan tata letak mesin secara digital. Insinyur dapat membandingkan maket untuk melihat apakah desain mereka sudah layak.

Sumber: Technowize Magazine.

Baca juga: Melihat Masa Depan Augmented Reality.



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *