Dukung Sistem Kerja ‘996’ di Perusahaan Teknologi, Jack Ma Dikritik. Foto: BloombergQuint

Teknologi.id – Pendiri situs belanja online Alibaba, Jack Ma, mendadak menjadi pusat perhatian karena membela sistem kerja ‘996’ yang populer di kalangan perusahaan teknologi asal China. Sebagian pihak pun mengkritiknya.

Sistem kerja 996 ini menandakan pegawai masuk kerja jam 9 pagi, pulang jam 9 malam, dan bekerja 6 hari sepekan. Bahkan untuk bisa bertahan di Alibaba Group Holding Ltd, kata Ma, karyawan harus bekerja 12 jam sehari dan 6 hari sepekan.

“Mampu untuk bekerja 996 adalah kebahagiaan. Jika kalian mau gabung Alibaba, kalian perlu siap kerja 12 jam sehari, jika tidak buat apa bergabung,” tulis Ma di media sosial Weibo.

Sistem Kerja ‘996’ Menurut Jack Ma

Pola 996 ditengarai membuat banyak karyawan tertekan karena kurang libur. Selain itu, banyak pula yang tidak mendapatkan kompensasi pantas. Tetapi bagi Jack Ma, bekerja keras seperti itu sangat diperlukan untuk menggapai sukses.

Baca Juga  Cara Meningkatkan Trafik Website

“Secara pribadi, aku yakin adalah berkah jika bisa bekerja 996 karena banyak perusahaan dan individu yang ingin bekerja 996 tidak mendapatkan kesempatan itu,” kata dia yang dikutip dari KrAsia.

“Seandainya kalian tidak bekerja 996 saat masih muda, kapan kalian akan melakukannya?” kata pria yang rencananya pensiun dari Alibaba tahun ini.

“Setiap orang di dunia ingin berhasil, punya kehidupan bagus dan dihormati. Jika kalian tidak bekerja lebih lama dari yang lain untuk membuat lebih banyak usaha, bagaimana bisa kalian meraih sukses yang kalian inginkan?” tandasnya.

“Pikirkan mereka yang tak punya pekerjaan atau perusahaan yang harus mati besok, atau seseorang yang tidak tahu bagaimana menghasilkan pendapatan di kuartal depan atau seseorang yang programnya dibuat dengan banyak usaha tapi ternyata sia-sia,” papar Ma.

Baca Juga  GOJEK Akuisisi Perusahaan Fintech Filipina "Coins.ph"

Baca juga: Jack Ma Sebut Revolusi Teknologi Bisa Jadi Penyebab Perang Dunia III 

Pernyataan Ma itu sontak direspons dengan reaksi keras oleh banyak pihak. Pasalnya, penerapan sistem kerja 996 dipandang tidak sehat dan sudah lama dikeluhkan, apalagi jika tanpa kompensasi yang pantas.

“Banyak omong kosong, dan bahkan tidak menyebutkan apakah perusahaan memberikan kompensasi lembur untuk jadwal 996,” tulis warganet di posting-an Alibaba itu.

“Para bos melakukan 996 karena mereka bekerja untuk diri sendiri dan kekayaan mereka bisa tumbuh. Kami bekerja 996 karena dieksploitasi tanpa kompensasi lembur,” tulis warganet lain.

Sistem kerja yang marak di perusahaan teknologi itu saat ini sedang jadi diskusi hangat di China. Hal itu bermula dari para programmer yang protes atas tuntutan kerja mereka.

Baca Juga  2 Hari Lagi, Traveloka Gelar Epic Sale Tawarkan Diskon Hingga 80 persen

Protes dilayangkan di komunitas Github dengan banner 996.ICU. Topik ini langsung jadi sangat populer dengan lebih dari 200 ribu tanda bintang.

“Dengan mengikuti jadwal kerja 996, kalian berisiko menuju ICU,” tulis deskripsinya, merujuk pada ruang gawat darurat di rumah sakit.

(DWK)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *