Foto: The Verge

Teknologi.id – Cyber Bully atau penindasan di dunia maya belakangan ini memang menjadi isu penting di banyak negara, termasuk Indonesia.

Awal tahun ini, Pimpinan Instagram Adam Mosseri menyebut, jejaring sosialnya ingin berfokus menjadi platform yang memimpin dalam hal pencegahan bullying. Kini, Instagram resmi meluncurkan sebuah fitur baru bernama Restrict atau pembatasan. Fitur ini sudah diuji coba sejak Juli 2019.

Baca Juga: Tengah Diuji Coba, Instagram Segera Hadirkan Fitur Dark Mode

Mengutip laman CNN, Kamis (3/10/2019), ketika kita me-Restrict pengguna lainnya, segala komentar dari pengguna tersebut hanya bisa dilihat oleh mereka. Sementara itu, orang lain tak bisa melihat komentar yang dibatasi.

Pengguna yang sudah di-Restrict juga tidak bisa melihat apakah orang yang me-Restrict mereka online di direct message.

Namun jika pengguna merasa penasaran, Instagram tetap memberikan opsi untuk pengguna melihat isi komen tersebut dengan mengetuk pilihan “Lihat Komentar”. Kemudian, pengguna memiliki kontrol untuk menyetujui komentar tersebut untuk bisa dilihat semua orang, menghapus komentar tersebut, atau mengacuhkannya.

Orang yang telah pengguna batasi juga tidak bisa melihat kapan pengguna aktif di Instagram (“Active now”) dan pengguna tidak akan menerima notifikasi untuk interaksi dari akun-akun yang telah dibatasi.

Baca Juga: Instagram Diam-diam Hapus Fitur “Following tab”

Sementara itu, Profesor Bidang Media Sosial dan Mobile Marketing di Pace University Randi Priluck mengatakan, “Fakta bahwa Instagram melakukan sesuatu adalah upaya yang lebih baik ketimbang tidak berbuat apapun.”

Baca Juga  Xiaomi Mi 9 Pro 5G Resmi Dirilis, Ini Spesifikasi dan Harganya

Namun ia masih mempertanyakan seberapa efektifkah cara membatasi komentar ini.

Alasan utama Instagram mengembangkan fitur Restrict adalah banyaknya pengguna muda Instagram mungkin waspada terhadap pemblokiran, berhenti mengikuti, atau pun melaporkan pelaku intimidasi karena hal ini dianggap bisa memperburuk situasi. Jika Restrict bekerja seperti yang diinginkan, fitur ini akan menawarkan perlindungan bagi pengguna, khususnya untuk melindungi diri dari pelaku perundungan.

Cara Mengaktifkan Fitur Restrict

Pengguna bisa mengaktifkan fitur Batasi dengan menggeser kiri pada komentar negatif yang ditinggalkan orang tersebut atau dengan memilih opsi “Restrict/Batasi” langsung di profil akun mereka. Untuk mengubahnya, pengguna tinggal memilih “Unrestrict/Batal Batasi”.

Komitmen Instagram

Pada Juli lalu, saat fitur Restrict diuji coba. Menurut Pimpinan Instagram Adam Mosseri, hal ini merupakan bagian dari komitmen Instagram melawan bullying.

Baca Juga  Meningkatkan Trafik Website

“Instagram berkomitmen untuk memimpin industri ini dalam melawan perundungan online, dan mempertimbangkan kembali pengalaman yang ada di Instagram secara keseluruhan guna mencapai komitmen tersebut,” jelas Pimpinan Instagram, Adam Mosseri, dalam keterangan resminya, Selasa (9/7/2019).

Mosseri menegaskan, Instagram bertanggung jawab untuk menciptakan lingkungan aman di layanannya. Hal ini telah menjadi prioritas penting bagi layanan berbagi foto dan video tersebut. “Instagram juga terus melakukan upaya dan investasi agar dapat lebih memahami dan mengatasi masalah ini dengan lebih baik. Instagram berharap dapat terus membagikan berbagai pembaruan fitur lainnya dalam waktu dekat,” ungkapnya.

(FM)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.