Pertandingan eksibisi Esports bakal diselenggarakan di Asian Games 2018. Ini menjadi pertama kalinya eSports dipertandingkan dalam turnamen olahraga terbesar di benua Asia tersebut.

Berstatus sebagai cabang olahraga eksibisi artinya Esports tetap akan memperebutkan medali, namun perolehan medali tidak akan dihitung dalam klasemen peserta Asian Games 2018 yang akan menentukan posisi para peserta berdasarkan urutan perolehan medali.

Itu pun sudah cukup untuk memunculkan antusias dari setiap negara peserta untuk mengirimkan para wakil terbaiknya di masing-masing cabang game. Bahkan, negara sekelas Korea Selatan saja siap mendatangkan deretan pemain pro kelas dunia untuk menyambangi pesta olahraga terbesar di Asia tersebut.

Siapa saja atlet Esports Indonesia yang berkesempatan membela negara di Asian Games 2018? Berikut daftarnya.

Arena of Valor

Pemilihan atlet Esports Indonesia untuk timnas Arena of Valor melalui proses yang cukup sulit dalam memilih gamer-nya. Pertama, ada proses kualifikasi tim untuk menentukan 5 tim terbaik dan diadu satu sama lain. Kemudian proses dilanjutkan dengan voting para pemain yang bermain menonjol di sesi kualifikasi.

Baca Juga  Bahan Kimia dalam Produk Kecantikan Berbahaya Bagi Hormon Wanita

Sesudah melewati proses tersebut para pemain yang nantinya menjadi skuad timnas Arena of Valor di Asian Games 2018 adalah Glen Richard ‘DG Kurus’, Farhan Akbari ‘EVOS Hans’, Hartawan Muliadi ‘GGWP Wyvorz’, Ilham Bahrul ‘GGWP Uugajah’, Muhammad ‘EVOS Ahmad’.

 Pro Evolution Soccer

Berbeda dari Arena of Valor, ini ada cabang Pro Evolution Soccer. Proses seleksi untuk pemain yang mewakili timnas Indonesia di Pro Evolution Soccer menggunakan proses kompetisi sebagai seleksi pemain. Untuk Pro Evolution Soccer, skuad dihuni oleh dua pemain yaitu Rizky Faidan dan Setia Widianto. Keduanya adalah pemain tim ALIBAN Wani Adu yang mampu mencatat hasil gemilang di babak penyisihan.

Rizky Faidan dan Setia Widianto berhasil mencatat hasil 8 kemenangan dari 9 pertandingan di babak penyisihan. Pada babak final keduanya berhasil mencatat hasil sempurna dan menjadi juara nasional serta berhak mewakili Indonesia di Asian Games 2018.

Baca Juga  FlexPai, Smartphone Flexible Pertama di Dunia, Diluncurkan di China

League of Legends

League of Legends, proses pemilihan skuad cukup unik. Mirip seperti sepak bola, pemilihan skuad dimulai dengan proses pemilihan COACH yang dilakukan oleh para gamer dan dimenangkan oleh Bayu ‘Cruzher’Putera Sentosa.

Setelah itu coach melakukan pemilihan pemain-pemain yang akan dibawa dan menjadi skuad timnas League of Legends di Asian Games 2018. Para pemain yang terpilih adalah Malik Abdul Aziz ‘Fakefriend’, Felix Chandra ‘Fong’, Ruly Susanto ‘Whynuts’, Peter Tjahjadi ‘Airliur’, Gerry Arisena ‘Potato’, dan Ericko Lim ‘Soapking’.

 Clash Royale

Dari cabang Clash Royale ada nama Ridel Sumarandak ‘BenZer Ridel’ yang akhirnya dipastikan akan menjadi atlet yang mewakili nama Indonesia di Asian Games 2018. Ridel berhasil mengalahkan lawan-lawannya dalam kualifikasi Clash Royale untuk menyaring dan memilih pemain terbaik sebagai wakil Indonesia di Asian Games 2018. Proses kualifikasi sendiri dilangsungkan oleh IESPA yang bekerja sama dengan komunitas Clash Royale Indonesia.

Baca Juga  Perjalanan Toto Sugiri, Sang IT Legend Indonesia

Hearthstone

Selanjutnya cabang Hearthstone akhirnya ada nama Hendry ‘Jothree’ yang menjadi atlet esports Indonesia di Asian Games 2018. Dia berhasil menjadi yang terbaik dalam proses kualifikasi yang diikuti oleh 32 pemain Hearthstone terbaik di Indonesia. Proses seleksi peserta kualifikasi Hearthstone sempat menjadi polemik ketika awalnya dipilih 16 nama peserta. Namun setelah melalui proses yang cukup singkat, akhirnya seleksi diikuti oleh 32 pemain.

Starcraft 2

Terakhir yang akan menjadi atlet esports Indonesia game Starcraft 2 di cabang Esports Asian Games 2018 ada nama Nyoman Arie Pranasakti ‘Jaquelton’. Dia berhasil mengalahkan tujuh pesera lainnya di kualifikasi Indonesia. Kualifikasi berlangsung dalam sistem double elimination dan berlangsung pada 26 Mei 2018 lalu.

Artikel ini telah tayang di https://www.ggwp.id/ dengan judul “ Ini Dia Seluruh Atlet Esports Indonesia di Asian Games 2018! Kenal Mereka? ”, https://www.ggwp.id/2018/06/04/atlet-esports-indonesia-di-asian-games-2018/2/ 

Baca juga: 8 Teknologi Canggih Ini Mendukung Asian Games 2018



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.