Game online adalah permainan yang menggunakan jaringan komputer yang memerlukan koneksi internet. Selain itu Game online merupakan kegiatan yang menyenangkan. Game online juga bisa dimainkan secara bersama-sama dengan orang lain walapun orang lain itu berada jauh dari kita. Pada era digital seperti sekarang di mana perkembangan zaman semakin canggih, Game online sudah menjadi bagian dari gaya hidup mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. 

Anda perlu tahu jika Game online juga memiliki efek kecanduan yang akan berdampak buruk bagi kesehatan baik fisik, psikologis dan gangguan otak anak. Game online tidak hanya mempengaruhi kehidupan sosial penggemarnya dalam dunia nyata tetapi juga terkadang mempengaruhi kejiwaannya apabila memainkannya terlalu lama. 

Akan tetapi, sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir. Sebab, dengan pengaturan waktu bermain dan pengawasan tepat, ada sejumlah keuntungan yang didapat anak dari bermain Game online. Kali ini, Teknologi.id akan membahas 4 dampak positif bermain Game Online. Berikut daftarnya:

Baca Juga  4 Tips Inovasi Bisnis

Meningkatkan Kerja Otak

Bermain Game online akan meningkatkan kinerja otak. Permainan ini membutuhkan konsentrasi tinggi. Kemampuan konsentrasi pemain Game online akan meningkat karena mereka harus menyelesaikan beberapa tugas, mecari celah yang mungkin bisa dilewati dan memonitor jalannya permainan. Semakin sulit sebuah game maka semakin diperlukan tingkat konsentrasi yang tinggi. Selain itu, Game online juga meningkatkan keterampilan kognitif, seperti memecahkan masalah dan membuat keputusan.

Mengajarkan Sportivitas

Permainan dalam Game online secara tidak langsung telah menanamkan nilai-nilai sportivitas dalam diri mereka. Mereka mematuhi peraturan permainan yang telah berlaku. Selain itu, bagi seseorang yang kalah atau pun menang adalah hal yang biasa. Secara tidak sadar mereka dididik agar tidak sombong saat menang dan tidak pula untuk mudah menyerah saat mengalami kekalahan. Secara tidak langsung Game online juga mengajarkan nilai-nilai tersebut kepada anak.

Baca Juga  Beberapa Sumber Online Terbaik untuk Memudahkanmu Mempelajari Javascript

Mengasah Kemampuan Multi-tasking

Game online juga mengasah kemampuan multi-tasking. Permainan ini meningkatkan kesigapan anak karena membutuhkan skill yang baik. Saat bermain game, seseorang harus berkonsentrasi penuh agar mata dan tangan bisa bekerja selaras.

Melatih Cara Kerja Tim

Dalam bermain Game online kadang kita tidak hanya main sendiri ada juga tim. Dalam sebuah tim itu kita butuh komunikasi mulai bangunlah hubungan yang konstruktif dengan rekan satu tim! Salah satu caranya adalah dengan memberikan semangat dalam kondisi yang sulit. Kerja sama dalam tim menjadi hal yang sangat dibutuhkan dalam permainan Game online untuk mencapai kemenangan.

Artikel ini telah tayang di  https://www.okezone.com/ dengan judul “ Ketahui 4 Efek Positif Bermain Game Online ”, https://techno.okezone.com/read/2018/07/31/326/1929622/ketahui-4-efek-positif-bermain-game-online?page=3

Baca juga: Kalahkan Mobile Legends dan AOV, Ini Dia 5 Game Android Paling Populer di Bulan Ini!

Baca Juga  Bangga! Jonatan Christie Berhasil Raih Emas di Asian Games 2018

 

 

 



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *