Teknoogi.id – Sejak dulu orang telah menggunakan game sebagai cara untuk beristirahat dari kenyataan. Dalam survei baru-baru ini, 56 persen orang yang disurvei mengklaim bahwa mereka menggunakan PC sebagai lawan dari konsol game lain.

Merakit sebuah PC gaming dapat dibilang gampang-gampang susah. Namun merakitnya tidak boleh asal-asalan. Di bawah ini tersaji tentang beberapa kesalahan penting yang perlu dihindari selama proses pembangunan PC gaming.

1. Jangan terlalu fokus kepada tampilan luar

Pasti disaat berpikir tentang PC gaming dibayangan yang terlihat adalah tampilan keren, casing bagus, banyak lampu yang bercahaya, bukan?

Lupakan sejenak hal itu karena yang harus diutamakan ketika merakit PC gaming adalah hardwarenya terlebih dahulu. Seperti komponen prosesor komputer, motherboard, ram, psu, vga, hardisk, dan lainnya. Apa gunanya PC game dengan tampilan mewah tapi performa nol besar ?

Baca Juga  5 Bahasa Pemrograman Terbaik Untuk Pengembangan Aplikasi Mobile

2. Manajemen kabel yang buruk dapat menyebabkan masalah

Pastikan kabel data dan kabel daya pada PC game terpasang dengan pas dengan casing. Jika kabel ini tidak pas dengan benar, kemungkinan Anda telah salah menginstal drive.

Banyak casing yang lebih besar di pasaran yang didesain dengan port hard drive menghadap motherboard. Dengan menyelaraskan port-port kabel menghadap motherboard, akan lebih banyak ruang di belakang hard drive untuk kabel-kabel tersebul. Tidak hanya membuat bagian dalam PC Anda lebih mudah dikelola, tapi juga akan lebih mudah untuk memasukkan elemen-elemen baru ketika saatnya tiba.

3. Melupakan pentingnya peran PSU / Power Supply

Peran Power Supply sangat penting untuk PC gaming, karena ia menyalurkan daya listrik untuk setiap komponen dalam PC.

Ingat, sebuah PC gaming membutuhkan daya yang tidak sama dengan PC biasa atau non gaming. Jangan sekali-kali menyepelekan hal ini dan menggunakan PSU sembarangan untuk PC gaming karena akibatnya bisa fatal, jika PSU  itu mengalami kerusakan maka kerusakan itu bisa berakibat buruk ke komponen komputer lainnya.

Baca Juga  Starlink: Battle for Atlas, Ini Fitur Yang Didapatkan

Lalu Power Supply yang baik untuk gaming itu seperti apa?

Cara memilih PSU yang baik untuk PC gaming adalah dengan memperhatikan dayanya, belilah PSU yang dayanya diatas 450 watt, memiliki pendingin yang baik, bergaransi dan memiliki sertifikasi 80+ yang berarti PSU tersebut mampu menghemat daya.

4. Menyepelekan pendingin hardware pada PC gaming

Karena pengunaan PC gaming tidak sebentar, bisa berjam-jam dalam sekali pakai, maka harus dipertimbangkan tentang pendingin hardware pada PC tersebut. Jika tidak, maka PC bisa overhead / kelebihan panas, dan jika terlalu sering PC mengalami kelebihan panas bisa berakibat timbulnya kerusakan.

Cara mencegah overhead adalah memilih hardware yang memiliki teknologi pendinginan secara otomatis. Gunakan juga thermal paste kualitas terbaik pada prosesor, pasang fan (kipas) sesuai ukuran maksimal kapasitas yang tersedia pada casing. Tidak lupa pasang juga watercooled, dan terakhir pilih casing yang sirkulasi udaranya cukup baik.

Baca Juga  Aplikasi Penambah Followers Instagram

5. Tidak menggunakan komponen komputer yang bisa diupgrade

Mengapa ? Karena setiap harinya perkembangan teknologi terutama komputer dan game sangat pesat. Jadi saat merakit PC gaming harus mempertimbangkan tentang kedepannya, dengan kata lain PC harus bisa mengikuti perkembangan tersebut.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan memilih komponen-komponen komputer yang memungkinkan untuk diupgrade / diperbarui di masa selanjutnya. Sebagai contohnya adalah pada motherboard. Usahakan motherboard yang digunakan dapat berfungsi atau kompatibel dengan prosesor keluaran terbaru atau yang akan datang.

(DWK)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.