Foto: Digital Trends

Teknologi.id – Google Maps dikabarkan segera meluncurkan tampilan peta digital berbasis Augmented Reality (AR) yang memungkinkan pengguna untuk melihat peta di ponsel dengan gambar yang sama seperti di dunia nyata.

Dilansir dari Digital Trends, Senin (12/8/2019), fitur yang hadir dengan nama Live View ini memanfaatkan data dari google Street View dan mengkombinasikan dengan teknologi pelacakan GPS.

Namun, fitur ini hanya bisa digunakan oleh pengguna Google Pixel, iPhone dengan minimum iOS 11, dan Android minimum versi 7.0. 

Cara menggunakan Google Maps AR

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna terlebih dahulu harus memasukkan tujuan di aplikasi Google Maps. Kemudian, ketik ikon orang yang sedang berjalan. Setelah itu akan muncul opsi ‘Start AR’ yang jika ditekan akan memunculkan instruksi lanjutan pada layar ponsel.

Baca Juga  Pelajar Indonesia Sabet Penghargaan di Google Science Fair 2019

Singkatnya, fitur ini bekerja seperti game Pokemon Go yang berbasis AR. Oleh karena itu, kamera belakang ponsel memiliki peran besar untuk menyorot lingkungan sekitar.

Jika kamera sudah terbuka, Google Maps akan menampilkan tanda dan arah panah di sekitarmu untuk memberikan arah jalan yang tepat ke tujuan.

Baca juga: Begini Cara Membuat Peta Google Maps Versimu Sendiri

Ada satu hal yang perlu diperhatikan, yakni bahwa fitur ini tidak bisa digunakan di tempat yang minim cahaya. Selain itu, Google juga mengatakan bahwa fitur ini hanya bisa digunakan di luar ruangan dan wajib terkoneksi dengan internet cepat.

“Kami telah melakukan uji coba ke komunitas Local Guides dan Pixel selama beberapa bulan terakhir. Saat ini akan kami perluas pada versi beta ke perangkat Android dan iOS, dengan dukungan ARCore dan ARKit yang akan dimulai pada minggu ini,” tulis Google.

(dwk)

Baca Juga  Teknologi di Era Industri 4.0 Menurut Para Ahli Teknologi Indonesia



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.