Tak bisa dipungkiri, kemajuan zaman kadang mengubah gaya hidup masyarakat. Mungkin, bisa dibilang dengan mudahnya mendapatkan gadget canggih saat ini semuanya jadi serba online. Jangankan untuk transaksi dengan nominal yang banyak, bahkan naik ojek pun kini bisa dilakukan secara online.

Perlahan, mulai banyak orang-orang di berbagai belahan dunia yang bepergian tanpa membawa uang tunai dalam sakunya. Cukup kartu, atau menggunakan ponsel mereka. Namun, siapa sangka kalau kemajuan teknologi juga merubah kehidupan para pengemis. Bagaimana tidak, di beberapa negara mereka bahkan menggunakan gadget canggih untuk bertransaksi.

Pengemis yang tidak memiliki pekerjaan dan bergantung pada belas kasihan orang lain untuk hidup kini turut terbawa arus gerakan nontunai. Kini pengemis beradaptasi dengan teknologi yang lebih canggih.

Baca Juga  Free-2-Play Games dengan Bulan Terlaris dan Keuntungan Tertingginya

Perubahan besar ini didukung oleh Oxford University Innovation dan Oxford’s Said Business School di Inggris telah menciptakan barcode atau QR Code yang dapat dikenakan pengemis di sana untuk mendapat uang. Dengan metode tersebut masyarakat dapat memberikan uang menggunakan smartphone mereka.

Penggagas ide tersebut Alex McCallion, mengatakan kepada BBC, menciptakan alat baru menampilkan kode QR mirip dengan yang dikeluarkan untuk tiket online dapat memecahkan masalah yang ada. Hal ini disebabkan lebih banyak orang di Inggris yang mengandalkan kartu dan ponsel untuk berbagai transaksi dan pembayaran mereka sehari-hari. “Solusi yang kami dapatkan adalah mekanisme pemberian melalui smartphone Anda ke dana terbatas,” ujar Alex.

Baca Juga  Hai Mahasiswa! Instagram Sedang Menguji Fitur Baru Khusus untuk Kalian

Lalu dia menambahkan, tujuan lain adalah untuk membantu orang-orang tunawisma menabung untuk tujuan keuangan jangka panjang mereka. Itu mungkin akan lebih baik menurutnya daripada mereka memegang uang tunai dan menghabiskan uang mereka untuk solusi jangka pendek.

Nantinya, mereka dapat menunggunakan smartphone untuk mengirim jadi kalau tidak membawa uang pecahan kecil atau koin sekarang lebih mudah. Setiap tunawisma ditugaskan oleh relawan yang membantu mereka untuk mengelola bersama akun keuangan mereka dan memastikan bahwa uang tersebut dibelanjakan pada target yang telah disepakati, seperti tabungan untuk deposit sewa atau paspor baru.

luar biasanya lagi dermawan yang ingin memberikan donasi mereka ke para pengemis juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang keadaan penerima melalui profil online yang muncul ketika mereka memindai kode batang. Jadi kita memberikan donasi tidak dengan cuma-cuma karena mengetahui latar belakangnya.

Baca Juga  YouTuber Ini Ungkap Daftar Smartphone Terkuat di 2018

Artikel ini telah tayang di  https://www.jawapos.com/ dengan judul “ Canggih, Pengemis Zaman Now Cari Uang Pakai QR Code ”, https://www.jawapos.com/teknologi/11/08/2018/canggih-pengemis-zaman-now-cari-uang-pakai-qr-code 

Baca juga: Tiket Asian Games 2018 Menggunakan Teknologi QR Code



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *