Teknologi.id – Pasar global telah menjadi sangat kompetitif dan secara luas dipengaruhi oleh berbagai faktor teknis, komersial, dan estetika. Setiap aktivitas bisnis, proses digital, dan strategi pemasaran kini semakin canggih dan didukung oleh penggunaan teknologi modern.

Artikel ini menjelaskan mengenai cara mendesain situs web dengan penggunaan dua komponen pengembangan produk digital yakni, UI dan UX, untuk meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan.

Setelah membaca artikel ini, kamu akan memahami betapa pentingnya peran desain U1 / UX untuk kesuksesan produk di pasar online. Kamu juga bisa mendapatkan aspek komersial dari peran perancang UI, tanggung jawab pekerjaan, dan sebagainya.

Tujuan utamanya adalah untuk mendapatkan perspektif yang lebih dalam tentang perbedaan antara komponen desain UI dan UX.

Baca juga: 20 User Interface (UI) Design Tools Terbaik 2019 (Bagian. 1) 

3. Peran UI / UX Dalam Pengembangan Produk

Pengembangan produk web kelas profesional tidak dimungkinkan tanpa perancang dan pengembang UI dan UX.

  • Peran UX Dalam Pengembangan Produk

Desainer UX meneliti tentang tren desain, memahami tujuan produk, dan menerjemahkan tujuan bisnis ke dalam bentuk solusi digital. Tanggung jawab utama seorang desainer UX mulai dari memahami dan menilai persyaratan bisnis, penyadapan, membuat prototipe, dan menguji desain UX.

  • Peran UI Dalam Pengembangan Produk

Setelah desain UX selesai, peran pengembang UI mulai membuat desain lebih menarik dan mudah digunakan sehingga nilai pelanggan yang hebat tercipta. Pengembang UI berfokus pada penyediaan pandangan dan presentasi terbaik kepada pengguna untuk mendapatkan nilai yang ditawarkan produk web dengan mudah. Kamu tidak dapat membuat pengalaman pengguna yang luar biasa tanpa bantuan salah satu dari peran di atas.

Baca Juga  Inilah Top '5 Game' Terbesar di Bulan Oktober 2018

4. Permintaan Untuk Pengembang UI Vs UX

Permintaan untuk pengembang UI dan UX sangat tinggi di pasar. Keduanya sangat dibutuhkan dalam berbagai proyek pengembangan perangkat lunak seperti situs web, aplikasi web, aplikasi seluler, aplikasi perusahaan, dan bahkan dalam pengembangan pemberitahuan push sederhana untuk tujuan pemasaran digital.

Jika kita membandingkan permintaan pengembang UI dan UX, pengembang UX dalam permintaan tinggi dibandingkan dengan pengembang UI. Tapi, itu tidak berarti bahwa permintaan UI menurun, alasan utama untuk permintaan yang relatif rendah untuk pengembang UI adalah bahwa tanggung jawab pengembang UI juga bergabung ke dalam tanggung jawab pengembang UX. Penggabungan tanggung jawab ini menciptakan peran baru pengembang UI / UX, yang merupakan peran hibrid untuk melakukan tanggung jawab UI dan UX.

Pengembang UI harus sangat memperkuat keahlian mereka dengan unggul di bidang desain grafis 3D, ilustrasi, desain interaktif, dan pengembangan web responsif. Ini akan meningkatkan permintaan mereka di pasar karena pengetahuan komprehensif tentang pengembangan web front-end.

Baca Juga  Konsep Dasar Database SQLite pada Android

Lebih dari 6 perusahaan besar diantaranya IBM, Dropbox, LinkedIn, Atlassian, dan Uber telah menggandakan profesional desain, terutama di bidang desain UI dan UX antara 2012 dan 2017.

5. Industri Besar Tempat Pekerjaan Desain Web Sangat Diminati

1. Industri Software Development

Industri software development adalah konsumen inti desainer web. Mereka memerlukan perancang web dalam mengembangkan situs web, aplikasi web, aplikasi seluler, dan aplikasi perusahaan. Ada industri perangkat lunak besar yang tersebar di seluruh dunia, terutama di Amerika Utara, Eropa, Asia Pasifik, dan wilayah lainnya. Permintaan untuk pengembang web akan tetap ada di industri ini selama bertahun-tahun yang akan datang.

2. Optimasi Web & (SEO)

Industri optimasi SEO dan web juga membutuhkan banyak perancang web untuk membuat situs web mereka responsif dan interaktif. Pengindeksan mesin pencari sangat dipengaruhi oleh desain situs web. Jika situs webmu tidak dirancang dengan benar, websitemu mungkin tidak memiliki peringkat yang baik dalam pengindeksan mesin pencari. Jadi, para desainer web diminta untuk mengoptimalkan situs web untuk SEO dan strategi pemasaran lainnya.

3. Industri Machine Learning

Industri machine learning adalah salah satu bidang jelajah di pasar pengembangan perangkat lunak. Konsep baru pembelajaran mesin didukung oleh VR realitas virtual dan augmented reality AR. Chatbots dan banyak perangkat lunak lain sangat diminati. Para desainer memiliki peran yang lebih besar dalam mewujudkan proyek pembelajaran mesin.

Baca Juga  Beberapa Elemen yang Sering Terlewat Saat Mendesain Aplikasi

4. Operasi Berbasis Web

Pengoperasian layanan berbasis web seperti Google, Facebook dan banyak lainnya mengharuskan desainer web profesional untuk memeriksa dan memecahkan masalah dan men-debug masalah dalam operasi layanan berbasis web. Desainer yang baik juga dapat membantu meningkatkan pengembangan berkelanjutan untuk meningkatkan pengalaman pengguna di lingkungan DevOps.

5. Mobile App Development

Industri pengembangan aplikasi mobile adalah salah satu yang paling cepat berkembang di sektor ini. Jutaan Android, iOS, Windows, dan aplikasi seluler lainnya sudah tersedia di pasar dan jumlahnya hanya bertambah. Permintaan pengembang UI / UX dalam pengembangan aplikasi seluler sangat besar.

Baca juga: Apa Perbedaan Antara User Interface (UI) dan User Experience (UX)? (Bag.1)

Itulah perbedaan antara komponen desain UI dan UX. Desainer antarmuka pengguna (UI) dan pengalaman pengguna (UX) memainkan peran penting dalam pengembangan web modern di industri ini. Mereka saling melengkapi satu sama lain dengan perbedaan-perbedaan tertentu. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu ya Tech Expert.

(DWK)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *