Teknologi.id – Mengapa C# ? Pertanyaan itu mungkin muncul di benak kita semua pada saat pertama kali mendengar tentang C#. Hal tersebut sangat beralasan, dengan melihat kenyataan bahwa sebelum C# muncul, telah banyak bahasa pemrograman yang ada, seperti C, C++, Java, Perl dan lain-lain.

Bahasa pemrograman C# bisa dibilang merupakan gabungan dari kecanggihan bahasa keluarga C (C, C++, Objective-C, Java, dan sebagainya) dengan gaya penulisan program yang lebih halus.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh bahasa pemrograman C#, berikut ini beberapa alasan kenapa kamu harus mempelajari C#.

1. Serbaguna

Sebagai bahasa pemrograman umum, kamu dapat melakukan apa saja menggunakan C#. Baik membangun aplikasi desktop perusahaan, aplikasi web, aplikasi seluler, atau bahkan layanan cloud, C# tidak akan mengecewakanmu. Bahasa ini juga banyak digunakan dalam mengembangkan video game.

C# adalah satu bahasa yang akan memberi kebebasan total untuk menjelajahi kemampuan pemrogramanmu. Sifat tanpa batas dari bahasa ini berarti kamu tidak perlu bermigrasi dari satu bahasa ke bahasa lain saat mengembangkan aplikasi. Kamu hanya perlu menguasai segalanya dalam bahasa ini dan akan berada dalam posisi yang sempurna untuk melakukan apa pun yang kamu inginkan.

2. Ramah untuk pemula

Bila kamu seorang pemula, mungkin kamu akan memiliki sedikit ketakutan pada beberapa bahasa pemrograman. Kabar baiknya C# adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling ramah untuk pemula. Sangat mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa yang mirip dengan bahasa Inggris.

Baca Juga  Apa Alasan Masyarakat Indonesia Enggan Membeli Kendaraan Listrik?

Hal lain yang membuat C# ramah untuk pemula adalah mengabstraksikan sebagian besar tugas yang rumit. Dalam istilah yang lebih sederhana, C# membantu beberapa tugas seperti penanganan pengecualian dan manajemen memori. Ini membuatmu lebih dari cukup ruang untuk fokus pada pemrograman.

3. Fondasi yang kuat

Setelah menjadi ahli dalam satu bahasa pemrograman, mungkin kamu ingin menjelajahi bahasa pemrograman lainnya. Sangat penting untuk dicatat bahwa dalam perjalanan pemrograman, yayasan itu penting. C# sangat mirip dengan sebagian besar bahasa pemrograman. Setelah kamu menguasai seluk-beluk C#, itu akan memudahkanmu ketika belajar bahasa pemrograman lainnya.

4. Mudah Dipertahankan

Menjadi bahasa yang diketik statis, mudah untuk mengelola dan memelihara bahasa pemrograman C#. Alasan utamanya adalah bahwa kode C# diperiksa sebelum disebarkan ke aplikasi. Ini memudahkan kesalahan dan bug untuk dilacak dan diperbaiki.

Berhubung C# adalah bahasa yang diketik statis, maka dalam penulisan kode memang harus sedikit lebih ketat. Basis kode C# lebih konsisten sehingga mudah dipelihara.

5. Cepat

Bahasa yang diketik secara statis selalu lebih cepat daripada bahasa yang diketik secara dinamis . Ini berarti bahwa aplikasi yang dibangun di C# relatif lebih cepat daripada aplikasi yang menggunakan bahasa yang diketik dinamis. Bahasa ini tidak memerlukan banyak sumber daya saat berjalan di perangkatmu.

6. Cocok untuk pengembangan game

Pengembangan game adalah salah satu bidang yang paling menguntungkan di dunia teknologi. Jika kamu memiliki impian untuk menjadi pengembang game, C# adalah bahasa yang tepat. Sebagian besar video game telah dikembangkan menggunakan C#.

7. Peluang karir

Sebagai bahasa pemrograman umum, C# akan membukakan berbagai peluang karir untukmu. Perusahaan di seluruh dunia mencari programmer C# untuk melakukan tugas yang berbeda. Apakah itu untuk membangun aplikasi seluler, layanan web atau aplikasi perusahaan, keterampilanmu akan sangat diminati. Satu yang harus digaris bawahi, gaji rata-rata programmer C# cukup tinggi.

8. Komunitas yang besar

Ada komunitas besar programmer C#. Ini berarti kamu selalu bisa mendapatkan bantuan atau inspirasi kapan pun kamu membutuhkannya.

Setelah mengetahui 8 alasan kuat untuk mempelajari C#, seharusnya tidak ada alasan untuk tidak mempelajari C#. Selamat belajar!

(DWK)

Baca Juga  5 Kesalahpahaman Tentang Pemrograman dan Programmer



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *