Foto: Technotification

Teknologi.id – Python adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi masa depan terbaik. Semua berkat fleksibilitas dan komunitas pengembangnya yang besar. Python memungkinkan kamu untuk memecahkan masalah kompleks dalam lebih sedikit baris kode. Entah kamu ingin berkarir di Artificial Intelligence, Machine Learning atau Data Science, kamu akan selalu melihat pengembang python lebih disukai daripada yang lain.

Namun, semua hal ini hampir mustahil karena kurangnya Lingkungan Pengembangan atau IDE yang terintegrasi. Jika kamu berasal dari latar belakang pemrograman, kamu pasti tahu betapa pentingnya memilih IDE yang tepat. Itu tidak hanya memungkinkan kamu untuk menulis kode lebih cepat tetapi juga membantu dalam debugging.

Kali ini Teknologi.id akan membagikan beberapa IDE terbaik untuk pengembang Python yang dapat kamu gunakan untuk membuat pekerjaanmu lebih sederhana dan lebih mudah. Berikut selengkapnya.

IDE Open Source Terbaik Untuk Pengembang Python

1. Jupyter

Foto: jupyter.org

Jupyter adalah IDE open source yang hadir dengan banyak fitur canggih. Ini sebenarnya aplikasi berbasis web yang mendukung lebih dari 40 bahasa pemrograman.

Jupyter memungkinkanmu untuk menambahkan komponen HTML dari gambar ke video. jika kamu ingin berkarier di bidang data science, Jupyter dapat banyak membantu. Kamu bisa melakukan pembersihan data, transformasi data, simulasi numerik, pemodelan statistik, visualisasi data, banyak fungsi lainnya dengan Jupyter.

Baca Juga  Top 10 Global Aplikasi Android per Juni 2018

Kamu bahkan dapat menggunakan Jupyter IDE untuk membuat dan berbagi dokumen dengan kode langsung, persamaan, teks, dan visual. Meskipun instalasinya sedikit rumit, ini memberikan output interaktif dan membuat seluruh pengembangan lebih lancar.

2. PyCharm

Foto: JetBrains

PyCharm adalah salah satu IDE open source terbaik untuk bahasa Python. Jika kamu adalah pengembang individu atau pemula, IDE ini sangat cocok untukmu.

Muncul dalam beberapa opsi lisensi dari open source ke versi berbayar. Kamu bisa memilih lisensi apa pun sesuai kebutuhan. PyCharm adalah paket fitur IDE yang mendukung bahasa Python dari setiap aspek.

Muncul dengan fitur seperti penyelesaian kode berkualitas tinggi, debugger canggih, inspeksi kode, dll. PyCharm juga mendukung pemrograman web dan kode yang ditulis dalam SQL dan bahasa terkait database lainnya.

PyCharm bahkan memungkinkanmu untuk memperluas fungsinya menggunakan plugin eksternal. Jika kamu sedang mengerjakan proyek besar atau hanya ingin tetap aman, kamu bisa menggunakan Integrasi Sistem Kontrol Versi kapan saja.

Baca Juga  Jepang Serius Garap Mobil Terbang

3. Rodeo

Foto: rodeo.yhat.com

Jika kamu mencari IDE yang ringan dan intuitif untuk pengembangan python, Rodeo IDE sangat baik untukmu.

Ini adalah IDE open source yang memungkinkanmu untuk menyesuaikannya dengan berbagai cara. Ini memiliki navigator file visual intuitif yang memungkinkan pengembang dengan mudah menemukan apa pun yang mereka cari.

Berbicara tentang fitur, itu termasuk penyorotan sintaksis, autocomplete dan dukungan iPython. Rodeo ditemukan sangat berguna dalam machine learning atau proyek data science. Rodeo memiliki bagian khusus untuk tutorial yang dapat digunakan pemula untuk memulai dengan Python.

Baca juga: 4 Alat Pemrograman Python Terbaik untuk Data Science 

4. Visual Studio Code

Foto: Bayram Üçüncü

Visual Studio Code, editor teks yang sangat bagus memiliki beberapa fitur yang sangat hebat. Jika kamu mengerjakan proyek kecil, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakannya.

Dengan antarmuka pengguna yang bagus, Visual Studio dilengkapi dengan beberapa fitur yang bermanfaat seperti penyorotan sintaks dan fungsi autocomplete. Ini didukung oleh teknologi Intellisense yang membuat penyelesaian kode sangat cepat. Meskipun perusahaan mengklaim ringan dan super cepat, ia memiliki waktu peluncuran lebih lama daripada yang lain.

Baca Juga  Resmi Dirilis di Indonesia, Redmi 7 Dihargai Rp 1,6 Juta

Visual Studio dilengkapi dengan terminal built-in terintegrasi tetapi karena tidak memiliki banyak fitur yang berguna, kami tidak akan menyarankanmu untuk menggunakannya untuk proyek-proyek utamamu.

5. Spyder

Foto: Spyder

Spyder juga merupakan IDE yang bagus untuk pengembang python. Itu datang dengan lingkungan pengembangan yang mudah digunakan dan intuitif. Ia menawarkan semua alat penting seperti pengeditan lanjutan, analisis kode, penyelesaian kode otomatis, fungsi debugging dan pembuatan profil. Kamu bahkan bisa memperluas fitur-fiturnya lebih jauh melalui sistem plugin dan API.

Jika kamu seorang penggemar data, Spyder membawa beberapa fitur hebat untukmu. Ini dapat digunakan untuk eksplorasi data, eksekusi interaktif, inspeksi mendalam, dan visualisasi paket yang indah.

Kesimpulan

Ini adalah beberapa IDE open source terbaik untuk pengembang python. Semoga kamu menemukan IDE yang optimal untuk proyekmu. Jika kamu mengetahui kebutuhan proyek dan mempertimbangkan pengalamanmu, memilih IDE yang tepat tidaklah sulit. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

(DWK)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *