Foto: NASA/JPL-Caltech

Teknologi.id – Bulan lalu, Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengumumkan tengah membuka pendaftaran boarding pass ke Mars bagi siapa saja yang berminat.

Namun, bukan berarti kamu akan langsung pergi ke Mars, melainkan hanya namamu saja yang akan diterbangkan ke Mars menggunakan robot penjelajah Mars 2020. Misi tersebut direncanakan akan meluncur musim panas 2020 dan mendarat di Planet Merah pada Februari 2021.

Meski tidak benar-benar pergi ke Mars, animo orang yang mendaftarkan diri terbilang besar, termasuk dari Indonesia. Berdasarkan pantauan Teknologi.id, Senin (10/6/2019), pendaftar asal Indonesia tercatat sebanyak 105,804.

Baca juga: China Buka Markas Simulasi Planet Mars di Gurun Gobi

Angka ini membuat Indonesia berada di urutan 12 dari seluruh negara di dunia. Adapun tiga besar pendaftar berasal dari Turki dengan 2.4 juta nama, India dengan 837 ribu nama, lalu disusul oleh tuan rumah Amerika Serikat dengan 740 ribu nama.

Baca Juga  Xenxo S-Ring, Cincin Pintar dan Dapat Dipakai Menelfon
Terlihat jumlah sementara pendaftaran nama asal Indonesia untuk dikirimkan ke Mars.. Foto: Screenshot

Perolehan nama dari berbagai negara di atas masih bisa berubah. Karena, NASA baru menutup pendaftaran untuk dikirimkan ke Mars sampai 30 September nanti.

Sebagai informasi, program ini merupakan bagian dari misi NASA untuk menjelajah Mars pada 2020. Melalui program ini, NASA memungkinkan kamu menitip nama dalam misi bernama Mars Exploration Program tersebut.

Mars 2020 akan mendarat di dalam kawah Jezero yang memiliki lebar sekitar 45 kilometer. Kawah ini dulunya sempat menjadi lokasi delta sungai. Robot penjelajah ini memiliki misi untuk mencari tanda-tanda kehidupan, mencari ciri geologi area tersebut, mencari es air yang terkubur dan berbagai pekerjaan lainnya.

Baca juga: Pasangan Dari Boston Ini Berencana Untuk Tinggal di Mars Tahun 2032

Berminat menitipkan nama? caranya mudah. Cukup dengan mengisi form di website ini. Setelah itu, kalian akan mendapatkan suvenir tiket yang bisa dipamerkan dan juga poin ‘frequent flyer’ hingga ratusan juta kilometer.

Baca Juga  Sebanyak 1 Juta Data Pengguna Facebook Indonesia Bocor

Nantinya, nama-nama pemilik boarding pass akan ditulis menggunakan sinar elektron di atas mikrochip dengan ukuran yang sangat kecil, sehingga satu mikrochip mampu menampung hingga satu juta nama.

(DWK)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *