Teknologi.id – Pemrograman adalah cara berkomunikasi dengan sistem komputer untuk melakukan berbagai tugas komputasi. Oleh karena itu, ini adalah topik yang paling penting untuk dipelajari oleh siswa ilmu komputer. Ketika mempelajari bahasa pemrograman, kamu akan memiliki banyak opsi untuk dipilih.

Sebagai seorang pemula, kamu akan bingung tentang bahasa pemrograman mana yang terbaik dan mudah untuk memulai. Itulah alasan mengapa setiap pemula mencari bahasa pemrograman yang mudah untuk dipelajari tanpa mengetahui permintaan, aplikasi, dan ruang lingkup mereka.

Pada artikel ini, Teknologi.id merangkum 10 bahasa pemrograman yang mudah dipelajari untuk pemula karena sintaksisnya, materi pembelajaran yang tersedia, dukungan komunitas, dan penerapan yang luas. Bahasa-bahasa tersebut juga sangat diminati di pasar dan memiliki cakupan masa depan yang baik. Berikut selengkapnya.

10 Bahasa Pemrograman Yang Mudah Dipelajari Untuk Pemula (Bag.2-Habis)

6. Julia

Julia adalah bahasa pemrograman baru yang perlahan menjadi alternatif python. Ini sesederhana Python, sekuat Python tetapi tidak sepopuler Python. Julia dapat digunakan untuk pemrograman tujuan umum untuk komputasi awan, AI, dan aplikasi data besar. Teknologi masa depan akan sangat bergantung pada pembelajaran mesin, AI dan komputasi awan yang memberi kita alasan yang baik untuk mulai belajar Julia.

Baca Juga  6 Framework Terbaik dalam Bahasa Pemrograman Python

Tujuan utama pemrograman Julia adalah memiliki semua fitur Python dan mengatasi kelemahannya. Sebagai pemula, kamu dapat belajar Julia tetapi kamu tidak akan menemukan banyak lowongan pekerjaan untuk Julia devs karena ini adalah bahasa pemrograman baru dengan komunitas kecil dibandingkan dengan yang lain. Namun, ini adalah salah satu bahasa pemrograman yang tumbuh paling cepat.

Baca juga: 10 Channel YouTube untuk Belajar Programming 

7. Rust

Rust adalah sistem bahasa pemrograman yang dirancang untuk memiliki kecepatan optimal, paralelisme, dan keamanan memori. Ketiganya adalah kelemahan utama C dan C ++. Rust ada sebagai bahasa pemrograman open-source karena itu dikelola oleh komunitas coders.

Rust menggabungkan beberapa elemen kunci dari bahasa pemrograman lama dan dari bahasa modern. Kombinasi ini menghasilkan bahasa pemrograman yang kuat dan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi. Ini juga menggabungkan sintaksis bahasa tingkat tinggi dengan kinerja bahasa pemrograman tingkat rendah.

Baca Juga  10 Merek Perusahaan Paling Berharga di Asia: Raksasa Teknologi Cina Memimpin

Seperti setiap bahasa pemrograman baru lainnya, Rust juga mudah ditulis dan dimengerti. Rust bisa menjadi pilihan ideal jika kamu ingin belajar bahasa pemrograman baru yang kuat, mudah dan dapat diterapkan secara luas.

8. C++ 

C++ adalah versi terbaru dari pemrograman C dengan pendekatan berorientasi objek. Ini dapat dianggap sebagai dasar dari sebagian besar bahasa pemrograman berorientasi objek. Terutama itu dirancang untuk pemrograman sistem dan sekarang ini populer untuk pengembangan game. Jika kamu mengetahui dasar-dasar pemrograman C, akan cukup mudah bagi kamu untuk memahami C++.

9. C#

C# sesederhana C dan C++ dengan fitur yang lebih canggih. Ini juga salah satu bahasa yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan video games, web, dan aplikasi desktop Windows. Tidak seperti C dan C ++, yang dapat dikodekan dan dieksekusi dalam kompiler yang berbeda, C# menggunakan Visual Studio IDEVisual Studio adalah IDE yang mudah digunakan bersama dengan libraries luas yang menjadikan C# pilihan yang baik untuk pemula.

Baca Juga  Persentase Pengembang Game yang Mengerjakan Proyek Game untuk Platform Tertentu

10. Java

Java adalah bahasa pemrograman lama, populer dan banyak digunakan yang dapat digunakan untuk hampir semua jenis pengembangan perangkat lunak. Ini juga merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek terutama digunakan untuk web, aplikasi dan pengembangan perangkat lunak tingkat perusahaan. Alasan menempatkan Java pada posisi ke-10 adalah karena itu tidak semudah bahasa pemrograman lain dalam hal sintaksis. Namun, popularitasnya membuatnya mudah tersedia untuk belajar di berbagai platform. Ada banyak alat, kursus, dan buku yang tersedia untuk mempelajari Java dengan cara sesederhana mungkin. Inti dari Java tidak berbeda dengan C# dan C++.

Baca juga: 10 Bahasa Pemrograman Yang Mudah Dipelajari Untuk Pemula (Bag.1) 

Itulah 10 bahasa pemrograman yang mudah dipelajari untuk pemula. Semoga artikel ini dapat menambah wawasanmu.

(DWK)



Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *